Soerojo Hospital Soerojo Hospital Soerojo Hospital
img-blur-shadow-blog-2

Ruang Lingkup

  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara lengkap dengan kekhususan pelayanan kesehatan di bidang penyakit jiwa dan pelayanan di luar kekhususannya.
  • Melaksanakan pelayanan pendidikan.

Produk Layanan

  • Pelayanan Kesehatan Jiwa:
    • Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja
    • Kesehatan Jiwa Dewasa / Psikiatri Umum
    • Kesehatan Jiwa Usia Lanjut / Psikogeriatri
    • Kesehatan Jiwa Forensik & NAPZA
    • Kesehatan Jiwa Masyarakat
    • Rehabilitasi Sosial
    • Consultation Liaison Psychiatry
  • Pelayanan Kesehatan Saraf dan Solusi Nyeri
  • Pelayanan Psikologi
  • Pelayanan Penyakit Dalam Terpadu
  • Pelayanan Endokrin, Metabolik dan Diabetes
  • Pelayanan Geriatri
  • Pelayanan Kesehatan Kebidanan dan Kandungan Terpadu (Obsgyn)
  • Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Terpadu
  • Pelayanan Kesehatan Anak Terpadu
  • Pelayanan Bedah Terpadu
  • Pelayanan Penilaian Kapasitas Mental
  • Pelayanan General Check Up Fisik
  • Pelayanan Kesehatan Kulit dan Kelamin
  • Pelayanan Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi
  • Pelayanan VCT
  • Intensive Care Unit dan High Care Unit
  • Pelayanan THT
  • Pelayanan Orthopedi
  • Pelayanan Urologi
  • Pelayanan THT-KL
  • Pelayanan Gizi
  • Pelayanan Paru
  • Pelayanan Jantung dan Pembuluh Darah
  • Pelayanan Sport Clinic
  • Pelayanan Soerojo at Home
  • Pelayanan Telemedicine
  • Soerojo Outreach Service / SOS
  • Soerojo Stroke Ready
  • Soerojo Trauma Service
  • Soerojo Children Emergency Service
  • Soerojo Express Service

Fasilitas

  • Instalasi Gawat Darurat
  • Instalasi Rawat Jalan
  • Lotus Soerojo Privilege
  • Instalasi Keswa Anak dan Remaja
  • Instalasi Rehabilitasi Medik
  • Instalasi Medical Check Up Terpadu
  • Instalasi Rawat Inap
  • Instalasi Laboratorium
  • Instalasi Radiologi
  • Instalasi Farmasi
  • Instalasi Gizi
  • Instalasi Rekam Medik
  • Instalasi Diklat
  • Instalasi Kesehatan Lingkungan dan K3RS
  • Instalasi Sterilisasi Sentral dan Binatu
  • Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit
  • Instalasi Sistem Informasi Rumah Sakit

Data Umum

  • Direktur Utama: dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K), M.Kes., M.P.H
  • Kepemilikan: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Tipe/Kelas: A Khusus
  • Kapasitas: 400 Tempat Tidur
  • Diresmikan: 15 September 1923
  • Ijin Operasional: Sertifikat No: 91200069519690007 Tanggal 22 April 2022 s.d 22 April 2027
  • Akreditasi: SNARS ED-1 Lulus Paripurna Sertifikat No: KARS-SERT/624/XII/2022 Tanggal 16 Desember 2022 s.d 05 Desember 2026

Data SDM 1 November 2024

  • Jumlah : 726 Pegawai - PNS 532, CPNS 0, PPPPK 121, Non PNS 73
  • Kepemilikan: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Tenaga Medis : 53 orang - 47 PNS, 0 CPNS, 2 PPPPK, 4 Non PNS
  • Perawat/Bidan : 374 orang - 286 PNS, 0 CPNS, 81 PPPPK, 7 Non PNS
  • Nakes lainnya : 127 Orang - 87 PNS, 0 CPNS, 26 PPPPK, 14 Non PNS
  • Non Nakes : 168 Orang - 108 PNS, 0 CPNS, 12 PPPPK, 48 Non PNS
img-blur-shadow-blog-2
img-blur-shadow-blog-2
img-blur-shadow-blog-2

Soerojo Hospital merupakan salah satu fasilitas layanan kesehatan pertama yang berada di wilayah Jawa Tengah. Hingga tahun 2023 ini, Soerojo Hospital telah mengabdi seabad lamanya dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat. Terletak di Kota Magelang, jalan Ahmad Yani nomor 169, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Dalam sejarahnya, berdirinya rumah sakit ini terkait dengan status Magelang sebagai kota besar di Jawa pada tahun 1906. Warga Eropa yang banyak dan urbanisasi meningkat memicu wabah dan masalah kesehatan, mendorong pendirian rumah sakit. Pada awalnya bernama 'Krankzinnigengesticht Kramat' atau 'Rumah Sakit Jiwa Kramat,' didirikan pada 23 Desember 1916 oleh pemerintah Hindia Belanda dan beroperasi sejak tahun 1923.

Gagasan pendirian rumah sakit ini berasal dari dokter Belanda J. Scholtens untuk memenuhi kebutuhan tempat tidur yang kurang di rumah sakit jiwa sebelumnya. Direktur pertama saat beroperasi pada tahun 1923 adalah dokter Belanda Engelhard.

Kekuasaan Jepang selama Perang Dunia II menyebabkan kekosongan kepengurusan. Dr. Soerojo, dokter bumiputra berpendidikan Belanda, mengambil alih kepemimpinan. Pasca kemerdekaan, nama berubah menjadi 'Rumah Sakit Djiwa Magelang' dan pada 1978 menjadi rumah sakit vertikal milik Departemen Kesehatan.

Pada awal abad ke-21, RSJ Prof Dr Soerojo diubah namanya menjadi Soerojo Hospital, sebagai bentuk penghormatan kepada dr. Soerojo. Sejak 2009, rumah sakit ini membuka layanan non jiwa berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI.

Di usianya yang memasuki 100 tahun ini, Soerojo Hospital selalu berusaha untuk semakin relevan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat. Sejak 2021, rumah sakit ini melakukan rebranding dengan sebutan Soerojo Hospital, sebagai langkah dalam mewujudkan misi menjadi pusat unggulan kesehatan mental integratif berkelas dunia.

Tujuan, Visi & Misi , Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Budaya Organisasi dan Logo

Tujuan

Terciptanya keadaan harmonis antara rumah sakit dengan instansi pemerintah/swasta, LSM, dunia usaha, media massa, dan masyarakat untuk menuju :

  • Tercapainya kualitas pelayanan kesehatan jiwa dan umum yang prima dan memuaskan pelanggan.
  • Terwujudnya pelayanan kesehatan jiwa spesialistik dan sub spesialistik yang akan dikembangkan menjadi produk unggulan.
  • Terciptanya pelayanan kesehatan yang komprehensif dan paripurna selaras dengan pengembangan sumber daya, sarana, dan prasarana rumah sakit.
  • Terwujudnya peningkatan kualitas, dan kesejahteraan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional.
Visi

Menjadi Pusat Unggulan Kesehatan Mental Integratif Berkelas Dunia

Misi
  • Melakukan pelayanan kesehatan, baik jiwa maupun nonjiwa, yang unggul dan manusiawi
  • Melakukan pendidikan dan pelatihan terkini bagi tenaga kesehatan secara berkesinambungan
  • Melaksanakan penelitian di bidang kesehatan yang bermutu tinggi
  • Meningkatkan kapasitas fasilitas pelayanan kesehatan moderen yang berkualitas prima dengan menggunakan teknologi informasi dan
  • Memperkuat pemberdayaan masyarakat untuk kesehatan yang merata
Kedudukan, Tugas dan Fungsi
Kedudukan
  • Soerojo Hospital Magelang yang selanjutnya disingkat Soerojo Hospital Magelang merupakan UPT yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal.
  • Soerojo Hospital Magelang secara administratif dikoordinasikan dan dibina oleh sekretaris Direktorat Jenderal dan secara teknis fungsional dibina oleh direktur di lingkungan Direktorat Jenderal sesuai dengan tugas dan fungsinya.
Tugas dan Fungsi

Soerojo Hospital mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna sesuai kekhususan pelayanan kesehatan, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan secara serasi, terpadu, dan berkesinambungan

Dalam melaksanakan tugasnya, Soerojo Hospital menyelenggarakan fungsi :

  • Penyusunan rencana, program, dan anggaran;
  • Pengelolaan pelayanan medis dan penunjang medis sesuai kekhususan pelayanan kesehatan;
  • Pengelolaan pelayanan nonmedis;
  • Pengelolaan pelayanan keperawatan dan/atau kebidanan;
  • Pengelolaan pendidikan dan pelatihan di bidang pelayanan kesehatan;
  • Pengelolaan penelitian, pengembangan, dan penapisan teknologi di bidang pelayanan kesehatan;
  • Pengelolaan keuangan dan barang milik negara;
  • Pengelolaan organisasi dan sumber daya manusia;
  • Pelaksanaan urusan hukum, kerja sama, dan hubungan masyarakat;
  • Pengelolaan sistem informasi;
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan;
  • Pelaksanaan urusan administrasi rumah sakit.
Sumber : PMK RI Nomor 26 Tahun 2022 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Rumah Sakit Di Lingkungan Kementerian Kesehatan

Budaya dan Organisasi
NILAI BUDAYA ORGANISASI

Yaitu berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

  • Berorientasi pelayanan adalah berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat
  • Akuntabel adalah bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan.
  • Kompeten adalah terus belajar dan mengembangkan kapabilitas.
  • Harmonis adalah saling peduli dan menghargai perbedaan.
  • Loyal adalah berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara.
  • Adaptif adalah terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan serta menghadapi perubahan.
  • Kolaboratif adalah membangun kerja sama yang sinergis.
  • Diri Pribadi Pegawai
    • Bisa Dipercaya
    • Memberi Nilai Tambah
    • Berperilaku Menyenangkan
    • Melayani Pelanggan
  • Pegawai sebagai Tim
    • Integritas
    • Kaizen
    • Ceria
    • Deal Done
  • Fasilitas
    • Bersih
    • Rapi
    • Tampak Baru
    • Ramah Lingkungan
Logo

img-blur-shadow-blog-2